Saturday, November 2, 2019

Biologi sel

Hallo buat kalian yang lagi lihat blog saya,pada kali ini saya akan membahas mengenai ciri dam struktur dari bakteri.mungkin sebagian orang belum mengetahui struktur maupun ciri bakteri.langsung saja simak pembahasan saya


 Ciri dan struktur bakteri

Dalam terminologi klasifikasi lama,bakteri dimasukkan dalam kingdom Monera. Dalam klasifikasi yang terbaru, bakteri dibagi dalam Archeabacteria dan Eubacteria. Meskipun Archeabacteria dan Eubacteria mempunyai banyak persamaan ciri, keduanya mempunyai ciri khusus. Secara umum,bakteri mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. 

a. Organisme berukuran kecil sehingga sering           disebut mikroorganisme.
b. Uniseluler atau hanya terdiri atas satu sel.
c. Bersifat prokariotik(tidak mempunyai                      membran inti).
d. Hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop.
e. Mempunyai ukuran dengan diameter 0,5-1            mikron dengan panjang 1-20 mikron.
f. Hidup secara soliter atau berkoloni.
g. Bersifat kosmopolit atau habitatnya meliputi.        daerah yang luas.
h. Mempunyai dinding sel.
i. Beberapa jenis bakteri mampu membentuk          endospora pada saat kondisi lingkungan tidak         menguntungkan.
Contoh Clostridium botulinum, Clostridium tetani,dan Bacillus anthracis. 

Struktur tubuh bakteri dari luar ke dalam sebagai berikut. 

a. Flagela dan Flagenum
Flagela merupakan alat gerak bagi bakteri yang berbentuk batang atau spiral. Dengan adanya flagela bakteri dapat bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan atau menghindar dari lingkungan yang mengandung senyawa kimia belerang.
Berdasarkan letak flagelanya bakteri dapat dibedakanenjadi beberapa tipe berikut. 
1) Atrik yaitu bakteri yang tidak berflagela.
2) Monotrik yaitu bekteri yang hanya.                          mempunyai  satu flagela disalah satu ujung.             selnya.
3)Amfitrik yaitu bakteri yang mempunyai                    flagela    di kedua ujung selnya.  
4)Lofotrik yaitu bakteri yang mempunyai.                   sekumpulan flagela disalah satu ujung selnya. 
5) Pertrik yaitu flagelanya terdapat diseluruh.            permukaan selnya. 


Beberapa jenis bakteri mempunyai pili.Pili adalah struktur seperti flagela,tetapi lebih pendek dan lebih tipis.Pili berfungsi sebagai alat perlekatan saat bakteri melakukan konjugasi.

b. Kapsul
Bakteri mempunyai lapisan lendir yang berbentuk padat dan tebal yang disebut kapsul. Kapsul tersusun dari polosakarida dan air. Lendir ini menjadikan permukaan sel bakteri menjadi licin.Fungsi kapsul bagi bakteri sebagai berikut.
1) Alat pertahanan dan prlindung bagi bakteri.
2) Mencegah kekeringan pada sel bakteri.
3) Alat melekat bakteri pada sel inang.
4) Sumber makanan bagi bakteri.

c. Dinding sel
Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk sel bakteri.Bakteri mempunyai dinding sel yang tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida.Berdadarkan perbedaan ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding selnya, bakteri dibedakan menjadi dua macam,yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.
1) Bakteri gram positif adalah bakteri yang mempunyai dinding sel dengan lapisan peptidoglikan yang tebal. Bakteri ini akan berwarna ungu jika diwarnai dengan pewarnaan gram. Contoh bakteri gram positif yaitu Neisseria gonorrhoe,  Treponema pallidum,Vibrio cholerae, dan Bacillus subtilis.
2) Bakteri gram negatif adalah bakteri yabg mempunyai dinding sel dengan lapisan peptidoglikan yang tipis. Bakteri ini akan berwarna merah muda atau merah jika diwarnai dengan pewarnaan gram. Contoh bakteri gram negatif yaitu Escherichia coli,  Streptococcus mutans, dan Staphylococcus aureus.

d. Membran plasma atau selaput sitoplasma
Membran plasma bersifat selektif permeabel,yang berarti hanya dapat dilalui molekul atau zat tertentu. Membran plasma ini tersusun dari fosfolipid Dan protein.Fungsi membran plasma sebagai berikut.
1) Alat transpor elektron dan proton yang                   dibenaskan saat oksidasi bahan makanan.
2) Alat pengatur pengangkutan senyawa yang           masuk atau keluar dari membran sel.
3) Tempat pembentuk mesosom.

e. Sitoplasma
Didalam membran sel terdapat sito plasma. Dalam sitoplasma terdapat asam nukleat, protein, karbohidrat, lemak,ion organik, dan kromatofora. Sitoplasma brrfungsi sebagai reaksi-reaksi kimia sel.

f. Ribosom
Ribosom merupakan butiran-butiran yang mengandung molekul RNA sebagai tempat sintesis protein.

g. Bahan inti
Bahan inti merupakan pusat pengendalian aktifitas sel yang berisi DNA. DNA bakteri berupa rantai tunggal berbentuk lingkaran yang disebut nukleoid. Beberapa jenis bakteri mempunyai tambahan DNA yang membentuk lingkaran kecil disebut plasmid.

h. Kromosom
Kromosom merupakan struktur yang berbeda di bawah membran plasma. Kromosom mengandung pigmen krolofil dan pigmen lainnya yang berperan dalam proses fotosintesis.

i. Vakuola Gas
Vakuola gas berguna agar bakteri dapat mengapung dipermukaan air untuk memperoleh cahaya. Vakuola gas hanya dimiliki oleh bakteri air yang melakukan fotosintesis.



  Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda 
😃Terima kasih😃

No comments:

Post a Comment

mengenali virus

Halo jumpa lagi di blog saya, sebelumnya saya minta maaf karena akhir-akhir ini sibuk sampai lupa dengan blog. Kali ini saya ingin membagika...