Friday, November 8, 2019

SQ3R ? Apa itu?

Metode membaca efektif

Kegiatan membaca merupakan suatu kebutuhan. Membaca merupakan salah satu upaya memperoleh informasi, pengetahuan, atau wawasan. Realita menuntut kita untuk memiliki kemampuan membaca cepat, mengingat begitu banyaknya informasi yang tersedia di media cetak. Untuk dapat memahami apa yang dibaca, diperlukan metode membaca yang efektif. Banyak metode mambaca efektif, salah satunya metode SQ3R atau metode surtabaku. Apakah itu metode SQ3R?  metode SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu survey,  question, read, recite, dan review.


1.SURVEY (MENINJAU)
    Tahapan ini berupa pengumpulan informasi untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?  JUDUL untuk membaca memfokuskan topik bab, pendahuluan : memberikan orintesi mengenai hal-hal penting dalam bab,  kepala judul/ subbab :memberi gambaran kerangka pemikiran, dan alat bantu baca termasuk huruf miring, definisi, serta pertanyaan di akhir bab untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2.QUESTION (BERTANYA)
   Setelah memperoleh kerangka pemikiran suatu bab, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul satu per satu dan ubahlah menjadi beberapa pertanyaan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas dengan lebar kolom ⅓ halaman kertas dan kolom sisanya untuk menuliskan jawaban yanh diperoleh selama membaca.

3.READ (MEMBACA)
   Dengan membaca kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang telah dibuat pada proses survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas,jangan pindah bab lain sebelum menyelesaikannya. Pada saat membaca,mulailah mencari jawaban yang telah dibuat dan tuliskan pada kolom yang telah disiapkan.

4.RICITE (MENUTURKAN)
    Umumnya kita cepat sekali lupa dengan materi yang telah kita baca. Dengan melakukan proses recite kita bisa melatih berkonsentrasi untuk memgingat materi yang telah dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita selesai membaca suatu subbab. Recite dilakukan dengan cara melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan mencoba menjawabnya tanpa melihat buku.

5.REVIEW (MENGULANG)
    Review membantu menyempurnakan kerangka pemikiran suatu bab sekaligus membangun daya ingat terhadap materi suatu bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan mambaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan, atau berdiskusi dengan teman. Menjelaskan kepada orang lain merupakan cara review yang terbukti efktif.

Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R merupakan cara membaca efektif yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang materi yang dipelajari, membuat pertanyaan dari bab/ subbab suatu materi, kemudian dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan. Metode SQ3R juga dikenal dengan metode surtabaku (survey, tanya, baca, katakan, dan ulangi)


I hope you enjoy to read this tips.
May be useful for you😺

No comments:

Post a Comment

mengenali virus

Halo jumpa lagi di blog saya, sebelumnya saya minta maaf karena akhir-akhir ini sibuk sampai lupa dengan blog. Kali ini saya ingin membagika...