Saturday, November 9, 2019

Tips membangkitkan motivasi belajar!

Anda tentu sering membaca berbagai petunjuk tentang cara belajar yang baik atau efektif. Saking banyaknya nasihat cara belajar dari berbagai sumber, anda tentu menjadi bingung ketika harus memilih cara mana yang akan anda ikuti. Sebelum menentukan cara belajar mana yang efektif buat anda baiknya anda perhatikan beberapa saran berikut ini.

1. MENGENALI GAYA BELAJAR
    Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda beda dalam belajar. Coba renungkan apakah anda mudah memahami sesuatu melalui visual, verbal, atau kinestetik. Jika anda mudah memahami sesuatu secara visual, perbanyak cara belajar menggunakan bantuan gambar-gambar. Jika anda mudah memahami sesuatu dengan cara verbal, perbanyak cara belajar dengan membaca dan mendengarkan. Sementara itu, jika anda merasa mudah belajar dengan cara berbuat atau melakukan sesuatu berarti anda tioe kinestetik. Ingat jangan memaksakan diri dalam memilih cara belajar, evaluasilah diri anda sendiri. Kamulah yang menentukan efektif atau tidaknya suatu cara belajar, bukan orang lain.

2. BERLATIH KONSENTRASI
     Konsentrasi merupakan hal yang 0enting dalam semua hal, tidak terkecuali dengan belajar. Dalam hal belajar, bukan kuantitas akan tetapi lebih penting kualitas. Artinya anda tidak harus mematok 2 atau 3 jam untuk mengakhiri belajar. Berkonsentrasilah dalam belajar sehingga denagn sedikit waktu anda dapat memahami banyak materi pelajaran. Jika anda dapat menuntaskan belajar anda dalam waktu setengah jam kenapa harus mematok waktu 2 sampai 3 jam untuk belajar.

3.BERPIKIR POSITIF
   sebelum belajar,tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada sesuatu yang sulit jika kita mau mempelajarinya. Pikiran positif ini akan membangkitkan energi positif yang memacu sel-sel dalam tubuh kita dalam proses belajar sehingga sel-sel otak dapat bekerja denagn baik

4.BELAJAR SECARA KONTINYU
    Ada pepatah menyatakan : " sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit ". Pepatah itu masih sangat relevan dengan keaadan saat ini. Anda tidak akan mendapatkan hasil memuaskan dalam ulangan ketika menggunakan cara belajar SKS ( Sistem Kebut Semalam). Iangat memori otak kita tidak dapat merekam sekaligus dalam jumlah banyak, tetapi sedikit demi sedikit dan kontinyu. Untuk itu belajarlah secara rutin, alokasikan waktu yang cukup untuk belajar.

5.MEMBUAT CATATAN SINGKAT
   Buatlah catatan singkat untuk mempermudah mengingat suatu materi. Gunakan daya kreasi anda sendiri dalam membuat ringkasan. Misalnya saja berupa diagram alir, skema,  atau berupa pion-poin dari suatu materi sehingga mudah diingat.

6. BERDO'A SEBELUM DAN SESUDAH BELAJAR
    Anda sebagai manusia yang beriman tentu sudah menggantungakan semuanya kepada TUHAN. Manusia wajib beupaya, tetapi TUHAN lah yang menentukan hasilnya. Anda harus optimis bahwa do'a anda pasti dikabulkan, asal anda sudah berusaha denagn sungguh-sungguh. Jadi jangan lupa selalu berdo'a sebeluk dan sesudah belajar.



SEMEOGA TIPS DIATAS DAPAT MEMBANTU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANDA

No comments:

Post a Comment

mengenali virus

Halo jumpa lagi di blog saya, sebelumnya saya minta maaf karena akhir-akhir ini sibuk sampai lupa dengan blog. Kali ini saya ingin membagika...